Social Icons

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Pages

Minggu, 04 Juli 2010

MELACAK ALAMAT WEB MELALUI MESIN PENCARI

SEARCH ENGINE atau MESIN PENCARI adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi atau situs web yang diinginkan. Search engine menampung database (basis data) situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Cukup dengan memasukkan kata kuncinya, search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.

Situs search engine terkenal kerap menduduki peringkat teratas dari situs-situs yang paling banyak dikunjungi. Sebelum search engine tersebut dapat memberikan layanan kepada pengunjung, search engine harus mendata sekian banyak situs dan informasi di internet untuk dimasukkan ke dalam basis datanya. Aktivitas yang disebut dengan pengindeksan tersebut diawali dengan "penjelajahan" ke seluruh penjuru internet oleh sebuah program otomatis yang disebut spider, bot, ataupun crawler. Cara penggunaan search engine, yaitu mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari. Setelah itu, akan ditampilkan sejumlah link atau keterkaitan yang akan mengarahkan kita kepada situs yang ada relevansi atau hubungan dengan keyword yang dimasukkan.

Hal yang menjadi kendala dalam mencari informasi ialah kita sering kurang tepat atau tidak spesifik dalam memasukkan keyword untuk mencari informasi tertentu sehingga hasil pencariannya menjadi tidak relevan. Kita malah kebingungan dalam memilih-milah informasi mana yang benar-benar dibutuhkan dari sekian ribu hingga jutaan informasi yang dihasilkan oleh sebuah search engine.

Berdasarkan hasil riset situs-situs Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002, kedudukan tiga besar search engine dipegang oleh situs Google.com pada posisi pertama, posisi kedua oleh situs Wisenut.com dan ketiga adalah situs Alltheweb.com. Yahoo.com tidak dikategorikan sebagai situs search engine, tetapi sebagai sebuah situs direktori. Perbedaan antara search engine dengan direktori adalah pada jumlah informasi yang tersedia di dalam basis datanya. Isi basis data direktori lebih sedikit dibandingkan isi basis data search engine. Selain itu, informasi di dalam basis data direktori diseleksi dan diindeks oleh manusia, buakan oleh program otomatis semacam spider, bot, ataupun crawler.

Pengelola isi sebuah direktori akan memilih dan memeriksa kelayakan sebuah situs sebelum diputuskan untuk dapat masuk dalam direktori berdasarkan kategori yang tersedia. Situs direktori tersebut juga memasang semacam formulir search engine untuk mencari situs atau informasi di dalam basis datanya dengan berdasarkan keyword yang digunakan. Yahoo.com bekerja sama dengan Google.com untuk memperkuat pencarian yang dilakukan oleh pengunjungnya. Apabila seorang pengunjung Yahoo.com tidak menemukan situs atau informasi yang dicarinya dari basis data direktori Yahoo.com maka secara otomatis Yahoo.com akan menampilkan serangkaian link tambahan yang diambil dari basis data Google.com dengan keterangan "powered by Google" di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar